Contoh Curriculum Vitae Atau Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Contoh Curriculum Vitae Atau Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Contoh Curriculum Vitae Atau Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar – Internet saat ini menjadi salah satu sumber yang paling dipercaya banyak orang untuk segala hal. Salah satunya mungkin yang sedang kalian butuhkan saat ini, yaitu mencari referensi daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Ya, banyak sekali orang yang kesulitan ketika akan menyusun dokumen ini, dokumen yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Jika kalian membaca artikel ini, kalian sangat beruntung, karena kita akan membahas bersama tentang Curriculum Vitae yang baik dan benar.

Apa saja yang harus dituliskan dalam Riwayat Hidup?

1. Data Diri atau Profil

Pada bagian ini, kalian perlu menuliskan data diri kalian, termasuk nomor handphone yang aktif, alamat rumah atau domisili, dan alamat email. Pastikan kalian menuliskan data yang benar.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

2. Riwayat Pendidikan

Pada bagian riwayat pendidikan, kalian perlu menuliskan hanya maksimal 2 jenjang pendidikan terakhir yang kalian tempuh.

3. Riwayat Organisasi / Pekerjaan

Selain riwayat pendidikan, kalian juga wajib menuliskan riwayat organisasi atau riwayat kerja yang pernah kalian jalani. Untuk riwayat kerja, kalian harus menuliskan dengan lengkap, mulai dari nama perusahaan, bidang kerja, posisi, dan periode/lamanya kalian bekerja di perusahaan tersebut. Bagian ini menjadi pertimbangan yang cukup penting apakah kalian layak melamar pekerjaan di perusahaan ini atau tidak.

4. Prestasi dan Publikasi

Bagian ini adalah bagian tambahan yang bisa kalian gunakan sebagai senjata dan strategi agar kalian bisa diterima di pekerjaan tersebut. Prestasi dan publikasi yang berkaitan dengan bidang pekerjaaan yang kalian lamar akan dipertimbangkan oleh pewawancara atau HRD.

5. Keahlian

Pada bidang pekerjaan tertentu, kalian mungkin perlu memberikan referensi pada CV mengenai keahlian kalian. Misalkan yang perlu dicantumkan adalah keahlian berbahasa asing, bahasa pemrograman, desain, atau mungkin pengoperasian sistem informasi tertentu.

Tips menyusun Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar

1 . Menyusunnya sesuai dengan jenis Perusahaan yang akan kalian lamar, apakah ini ada institusi pemerintah, perusahaan swasta, atau mungkin perusahaan milenial?

2. Menuliskan data yang benar dan tepat, tidak dilebih-lebihkan yang mungkin bertujuan agar dapat lebih memikat hati perusahaan yang kalian lamar. Jangan sampai apa yang kalian tuliskan menjadi bumerang buat kalian sendiri.

3. Menuliskan data penting yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kalian lamar, jangan menuliskan yang tidak perlu hanya untuk membuat CV kalian menjadi tebal.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar

Contoh Curriculum Vitae Atau Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar
Contoh CV | Image Source : BikinCV.com

Nah, sekarang waktunya kalian untuk memulai menyusun Curriculum Vitae atau Riwayat Hidup untuk lamaran kerja. Semoga berhasil ya!