Ide Bisnis Modal 5 juta Untuk Pemula

Ide Bisnis Modal 5 juta Untuk Pemula – Kesempatan berbisnis bagi pemula terbuka lebar walaupun hanya bermodalkan 5 juta. Terlebih, jenis usaha modal 5 juta berjumlah cukup banyak. Asalkan berbekal dengan niat yang kuat, perencanaan yang matang dan pelayanan yang baik, keuntungan yang besar tidak lagi mustahil untuk didapat.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahasa tentang ide bisnis modal 1 juta yang bisa dilakukan dari rumah. Sekarang kita akan menaikkan sedikit angkanya menjadi 5juta. Silakan disimak.

Rekomendasi Ide Bisnis Modal 5 Juta Menguntungkan dan Potensial

Berikut ini adalah ide usaha dengan modal Rp 5 jutaan yang cukup potensial dan bisa memberikan keuntungan yang besar dalam waktu yang cukup singkat.

1. Bisnis Jasa Cuci Motor

Ide Bisnis 5 Juta Jasa Cuci Motor
Ide Bisnis 5 Juta Jasa Cuci Motor – Sumber : www.astramotor.co.id
Bisnis modal 5 juta untung besar berikutnya yang bisa menjadi ide bisnis anda adalah usaha jasa cuci motor. Mengingat sepeda motor adalah alat transportasi yang paling banyak yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, tidak heran apabila bisnis ini memang cukup menjanjikan.

Untuk memulai salah satu contoh usaha modal kecil untung besar satu ini, anda perlu mempersiapkan semua perlengkapan cuci motor seperti pompa, kanebo, sabun mobil, sikat, biaya listrik, air, dan lain-lain yang diperkirakan di bawah Rp 5 juta.

Dengan modal segitu, usaha ini akan mendapat keuntungan yang cukup tinggi di masa depan dengan biaya operasional yang cukup minim.

Baca juga : Ide Bisnis Modal 10 Juta

2. Reseller Baju 

Ide usaha modal 5 juta yang wajib dicoba oleh pemula adalah menjadi reseller baju. Reseller adalah pihak yang mengambil stok dari supplier untuk kemudian dijual kembali ke konsumen secara langsung.

Ada 2 kelebihan utama menjadi reseller yaitu mengetahui seberapa bagus kualitas baju yang akan dijual dan dapat menentukan sendiri harga jual ke konsumen. Dengan begitu, keuntungan yang diperoleh bisa maksimal.

Terlebih, baju merupakan fashion yang tidak pernah sepi peminat. Reseller hanya perlu mengamati trend pasar untuk menentukan jenis baju apa yang akan dijual kembali.

Salah satu yang memiliki banyak peminat adalah busana muslim. Umumnya, tiap brand menerapkan persyaratan yang berbeda untuk menjadi reseller.

3. Bisnis Souvenir Pernikahan

Bisnis modal 5 juta paling menguntungkan berikutnya yang bisa dijadikan ide usaha pada saat ini adalah bisnis souvenir pernikahan. Salah satu bisnis yang termasuk contoh usaha yang kreatif dan inovatif dan jarang ada tapi cukup menjanjikan.

Selain modalnya yang relatif kecil dan bisa dimulai dengan modal di bawah Rp 5 juta, bisnis kreatif dan unik ini juga tidak membutuhkan produk yang baku.

Jadi souvenir pernikahan ini bisa berupa apa saja, mulai dari gantungan kunci, peralatan dapur, alat tulis, atau bahkan tanaman hidup. Semuanya adalah tergantung kreativitas anda dalam membuat souvenir massal yang unik, namun harganya tetap terjangkau.

Untuk mempromosikan usaha ini, anda bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Whatsapp.

Anda juga bisa berbisnis souvenir pernikahan dengan cara online yaitu melalui berbagai situs marketplace untuk menjangkau pembeli dalam ruang lingkup yang lebih luas.

4. Bisnis Toko Kelontong

Ada banyak alasan logis kenapa bisnis toko kelontong sangat layak untuk dijadikan ide bisnis modal 5 juta dengan potensi untung besar yang layak untuk dipertimbangkan.

Pertama, karena produk yang dijual oleh toko kelontong adalah barang harian cepat laku atau produk dengan tingkat perputaran yang sangat cepat (fast moving product). Jadi bisa dibilang faktor risiko untuk gagal dalam bisnis ini juga termasuk minim.

Kemudian, bisnis toko kelontong adalah usaha yang sama sekali tidak membutuhkan promosi khusus. Asal kualitas barang bagus dengan harga kompetitif, hanya dari mulut ke mulut, semua orang akan langsung paham dan datang.

Meski tampaknya bisnis toko kelontong cukup mudah, tetapi anda perlu ingat bahwa tingkat persaingan dalam bisnis ini juga tidak sedikit. Jadi, tetaplah menjaga kualitas barang dengan kelengkapan barang dagangan agar tidak kalah dari kompetitior.

5. Katering Rumahan

Usaha modal 5 juta untuk pemula yang suka masak-masak adalah katering rumahan. Modal yang minim disebabkan oleh tidak adanya bahan baku yang perlu distok terlebih dahulu.

Katering rumahan menerapkan sistem pre order sehingga pembeli harus memesan dan membayar sesuai pesanan, setidaknya DP. Dengan begitu, bahan baku hanya akan dibeli setelah modal terkumpul dari para pembeli.

Penjual katering cukup menyediakan peralatan masak, gas dan wadah makanan. Beberapa di antaranya bahkan tidak perlu membeli karena sudah tersedia di rumah. Hemat, kan?

Promosi usaha katering rumahan pun sangat murah, lo. Tidak perlu lagi mencetak brosur, penjual cukup menawarkan usahanya secara online melalui aplikasi chatting maupun akun media sosial.

Jika usahanya ingin lebih dikenal tetangga, maka buatlah banner untuk dipasang di depan rumah. Biaya pembuatan banner tergantung ukuran.

Sebagai gambaran, banner promosi ukuran 150 x 100 biasanya dipatok antara Rp 46.000 – Rp 50.000.

Lalu, apa saja rekomendasi masakan untuk katering rumahan? Berikut menu yang populer dan selalu laris:

  • Menu ayam goreng dan ayam bakar yang dikombinasikan dengan sambal, lalapan dan tempe atau tahu;
  • Menu nasi kuning yang dilengkapi lauk pauk;
  • Menu sayuran tanpa kuah seperti capcay kering, tumis buncis dan tumis sawi putih;
  • Menu rendang daging yang dilengkapi dengan nasi;
  • Menu olahan mie atau bihun lengkap dengan sayur, misalnya kubis dan sawi;
  • Menu aneka gorengan krispi.

Ternyata tidak sulit mencari jenis usaha modal 5 juta bagi pemula yang mudah dan menguntungkan. Semoga dapat bermanfaat dan semakin semangat untuk memulai bisnis.

Buat kamu yang mau ingin membuat link di bio IG atau Link di bio tiktok, langsung aja buat disini ya.