Manfaat Instagram Analytics Untuk Bisnis Yang Perlu Diketahui – Instagram menjadi salah satu media sosial yang kerap digunakan. Tak hanya untuk sekedar memposting foto dan video, namun juga banyak terdapat informasi penting dan juga sebagai tempat untuk bisnis. Untuk pebisnis, media sosial satu ini digunakan sebagai media marketing yang efektif. Maka dari itu, tak jarang banyak yang menggunakan Instagram sebagai media marketing karena memiliki banyak fitur yang mendukung para pebisnis.
Salah satu fitur yang mendukung pebisnis adalah Instagram Analytics. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan data yang penting untuk menunjang marketing pada media sosial satu ini. Seperti yang kita ketahui, ketersedian sebuah data sangat diperlukan untuk menunjang strategi marketing, termasuk pada instagram marketing. Data ini akan digunakan sebagai acuan dalam menyusun strategi marketing pada instagram ke depannya. Nah, disini kamu dapat menggunakan Instagram Analytics untuk mengetahui hal tersebut.
Meski begitu, masih banyak pelaku bisnis yang belum terlalu memperhatikan hal satu ini. Padahal hal ini sangat membantu para pelaku bisnis, sehingga dapat mengetahui dengan pasti statistik bisnis mereka. Dengan Instagram Analytics, kamu akan dapat mengetahui demografi follower kamu, berapa website click, kapan waktu yang tepat untuk memposting dan yang lain sebagainya.
Instagram menyediakan tools analytics yakni Instagram Insight ini dengan gratis tanpa pungutan biaya. Syaratnya hanya perlu menyiapkan sebuah akun bisnis. Setelah itu, kamu bisa mengakses Instagram Insight pada aplikasi seperti biasanya tanpa perlu menginstal aplikasi pembantu. Sebelum memulai menggunakan Instagram Insight ini, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu instilah metriks berikut ini, agar dapat mengetahuinya dengan jelas.
Instagram Secara Keseluruhan – Profile Analytics

- Follower count – Jumlah orang yang mengikuti akun Instagram kamu
- Impression – Jumlah berapa kali semua postingan kamu dilihat oleh audiens
- Reach – Jumlah audiens yang telah melihat postingan kamu
- Profile view – Jumlah berapa kali profil Instagram kamu dikunjungi
- Website clicks – Jumlah klik pada link yang kamu cantumkan pada bio profil
- Call/Email clicks – Jumlah klik untuk menghubungi kamu, baik via telepon atau email bisnis
- Posts – Jumlah akumulasi postingan yang sudah kamu terbitkan
- Mentions – Jumlah postingan instagram akun lai yang menyebut akun kamu pada postingannya
- Branded hashtag – Jumlah postingan instagram yang menggunakan hashtag bisnis kamu
Audience Insight Instagram
- Gender – Jumlah pria dan wanita yang menjadi follower akun
- Age – Rentang usia follower
- Top location – Lima kota atau negara teratas yang ditempati follower
- Follower- Hours – Waktu rata-rata dalam hitungan jam yang dihabiskan follower di indtagram pada setiap hari dalam seminggu.
- Follower- Days – Satu hari dalam satu minggu saat follower kamu paling aktif
Dengan sering mengecek Instagram Analytics, kamu akan dapat mengetahui bagaimana demografi audience. Selain itu, kamu juga dapat menentukan Instagram Marketing yang sesuai dengan target pasar.
Insight Postingan
- Impression – Jumlah berapa kali audiens melihat sebuah post
- Reach – Jumlah akun yang melihat sebuah postingan kamu
- Likes – Jumlah akun yang menyukai suatu postingan kamu
- Comments – Jumlah komentar dalam suatu post
- Saved – Jumlah akun yang menyimpan postinganmu
- Engagement – Jumlah banyaknya aku yang like, save, dan komentar pada postingan kamu
- View – Jumlah akun yang melihat konten video yang kamu posting
Kamu juga harus memperhatikan bagaimana capaian dari konten yang kamu unggah, apakah berkolerasi dengan peningkatan penjualan pada bisnis. Dengan rincian yang sedetail inilah apentingnya memahami Instagram Analytics.
Insight Instagram Stories
- Impression – Jumlah berapa kali storie kamu dilihat oleh audiens
- Reach – Jumlah akun yang melihat stories
- Exits – Jumlah banyaknya akun yang keluar dari stories
- Replies – Jumlah tanggapan yang diterima dari suatu stories
- People Insight – Jumlah akun yang melihat storiesmu
Stories juga mampu menarik perhatian dari konsumen. Meski durasinya tergolong singkat dan ditampilkan hanya dalam 24 jam, kamu dapat menerapkannya dengan baik. Asalkan kamu dapat memahami pemanfaatan Instagram Analytics dengan baik.
Pentingnya Memahami Instagram Insight

1. Mengetahui Karakteristik Follower
Mengetahui karakterisktik follower merupakah hal yang sangat krusial dan dengan ini pula kamu dapat mengetahui konten yang paling disukai, produk yang pas untuk dijual dan bagaimana strategi yang tepat. Misalkan, jika mayoritas follower adalah seorang pria, maka sebaiknya kamu mendistribusikan lebih banyak konten seputar pria, begitupun sebaliknya.
2. Mengetahui Efektifitas Konten
Kamu juga harus mengetahui, bahwa tidak semua konten akan disukai oleh para audiens. Maka dari itu, ada baiknya kamu memperhatikan konten seperti apa yang memiliki engagement paling tinggi. Instagram akan memberikan data yang sangat detail, sehingga kamu dapat mengambil kebijakan dengan tepat terkait konten.
3. Menjadi Bahan Evaluasi Marketing di Instagram
Kamu dapat mengetahui sejauh mana target pemasaran yang telah kamu capai, sebab dengan ini kamu bisa mengukur dengan efektifitas konten dari skala migguan hingga bulanan. Jika hasil kurang memuaskan, maka kamu harus melakukan evaluasi yang lebih detail untuk mengetahui kesalahannya.
***
Sekian Manfaat Instagram Analytics Untuk Bisnis Yang Perlu Diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang menggunakan instagram sebagai media marketing bisnis kamu, selamat mencoba dan semoga sukses!
Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar sosial media dan yang lainnya hanya di Linkdibio Blog. Dapatkan juga berbagai contoh surat untuk kalian yang sedang kebingungan dalam membuat suatu surat.
Terima kasih.