Resmi Diizinkan di Indonesia, Begini Cara Trading Bitcoin Yang Legal! 

Resmi Diizinkan di Indonesia, Begini Cara Trading Bitcoin Yang Legal! 

Resmi Diizinkan di Indonesia, Begini Cara Trading Bitcoin Yang Legal! – Cryptocurrency, sudah bukan hal yang asing lagi didengar pada saat ini dan kerap dikenal mata uang kripto. Merupakan mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptocurrency ini, maka uang digital menjadi hampir tidak bisa dipalsukan. Sejak 2013, cryptocurrency mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat dan banyak yang membincangkan tentang mata uang digital satu ini. Kehadirannya banyak menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat luas.

Saat ini, pemerintah melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) secara resmi mengizinkan perdagangan mata uang digital ini di bursa berjangka. Artinya, trading bitcoin resmi diizinkan di Indonesia. Perizinan Bapepti terkait aktivitas mata uang digital tertulis dalam Peraturan Bappebti  No.7 tentang Daftar Aset Kripto yang dapat diperdagangkan. Peraturan ini berlaku sejak 17 Desember 2020.

Untuk itu, masyarakat Indonesia telah dapat melakukan trading secara resmi, tentu saja ini merupakan kabar yang baik. Dengan adanya peraturan ini, anda akan dapat melakukan trading dengan aman. Namun, untuk beberapa orang yang baru mengenal kripto atau bahkan baru mendengarnya, tentu saja akan merasakan kesulitan dalam melakukan hal ini.  Maka dari itu, berikut kami akan berikan cara trading Bitcoin yang legal di Indonesia.

Cara Trading Bitcoin di Indonesia

Resmi Diizinkan di Indonesia, Begini Cara Trading Bitcoin Yang Legal!
Ilustrasi Trading Bitcoin | Image Source : Shutterstock.com

1. Pilih Bitcoin Exchange

Untuk melakukan proses pembelian dan penjualan Bitcoin, anda haruslah menggunakan bursa cryptocurrency atau jasa pertukaran yang dikenal dengan Bitcoin Exchange.

Bitcoin Exchange Merupakan wadah yang mempertemukan langsung penjual dengan pembeli Bitcoin. Pilihlah perusahaan tempat anda akan melakukan trading Bitcoin. Ada 13 perusahaan Bitcoin Exchange yang diakui oleh Bappebti yang tentunya bisa anda pilih untuk trading agar aman.

2. Siapkan dompet khusus Bitcoin

Proses yang selanjutnya, anda haruslah menyiapkan dompet khusus Bitcoin atau dompet digital untuk menyimpan Bitcoin yang telah anda beli. Pilihlah domper digital yang memiliki keamanan yang terbaik agar uang anda tetap terjaga terutama dari peretasan.

Ada beberapa dompet digital yang bisa anda gunakan, dan tentunya aman untuk anda gunakan, seperti berikut :

  • Dompet digital desktop

Merupakan salah satu software yang bisa diunduh dan pasang di computer atau laptop anda.

  • Dompet digital mobile

Berbeda dengan yang sebelumnya, dompet digital satu ini dapat digunakan pada ponsel anda. Pada dompet tipe mobile, pengguna dapat melakukan transaksi melalui pemindaian QR Code atau NFC yang terdapat pada smartphone anda.

  • Dompet digital web

Dompet tipe satu ini lebih flesibel karena dapat diakses dari browser ataupun ponsel. Satu-satunya kelemahan dompet ini adalah keamanannya, pasalnya kunci dompet digital anda buat secara daring.

  • Dompet digital hardware

Kerap disebut dompet fisik, namun bukan dompet fisik seperti pada umumnya. Dompet satu ini berbentuk seperti flashdisk. Diklaim sebagai dompet digital yang paling aman, karena kebal terhadap virus dan segala jenis penjebolan. Namun, anda haruslah membayar mahal untuk memiliki barang satu ini, harga dompet jenis ini berkisar antara US$100-200.

3. Registrasi

Sebelum memulai trading, anda haruslah melakukan registrasi terlebih dahulu pada Bitcoin Exchange. Proses resgitrasinya meliputi pengisian biodata diri anda, setelah itu anda haruslah membaca teliti kebijakan dan perjanjian yang dibuat dengan teliti.

Setelah registrasi, anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data yang sudah anda masukan. Ini bertujuan untuk mencegah praktik pencucian uang yang bisa saja terjadi. Jika telah lolos verifikasi, anda dapat melakukan transaksi pembelian Bitcoin. Pilihlah sistem pembayaran yang paling mudah dan nyaman bagi anda.

Sekian artikel Cara Trading Bitcoin di Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk melakukan trading. Anda bisa lakukan cara trading diatas untuk langkah aman.