Word Of Mouth, Strategi Terbaik Menunjang Kemajuan Bisnis

Ilustrasi Word Of Mouth | Sumber Gambar : pictureinsta.com

Word of mouth adalah komunikasi dari mulut ke mulut. Word of mouth atau disingkat WOM ini didefinisikan sebagai komunikasi dalam bentuk rekomendasi, baik secara pribadi maupun dalam kelompok yang tujuannya untuk memberikan informasi secara individual.

Salah satu bentuk promosi dalam pemasaran adalah word of mouth. Word of mouth menjadi referensi yang membentuk harapan pelanggan. Sebagai bagian dari komunikasi marketing, word of mouth menjadi salah satu strategi yang sangat berpengaruh di dalam keputusan konsumen untuk menggunakan produk atau jasa.

Apa sih manfaat Word of Mouth?

Pencarian informasi dilakukan untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Konsumen mencari informasi ke sumber yang dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan. Rekomendasi dari orang lain sangat berpengaruh, terutama jika rekomendasi tersebut berasal dari orang yang mereka kenal.

Berikut ini adalah manfaat dari mulut ke mulut sebagai sumber yang kuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian.

  1. Dari mulut ke mulut adalah sumber informasi yang independen dan jujur. “Informasi dari teman lebih dapat diandalkan karena mereka tidak relevan dengan perusahaan atau produk.
  2. Dari mulut ke mulut sangat kuat karena menawarkan manfaat bagi mereka yang mencari pengalaman langsung dengan produk melalui pengalaman teman dan kerabat.
  3. Dari mulut ke mulut dirancang untuk yang terbaik dari mereka, tidak ada yang akan berpartisipasi dalam percakapan kecuali mereka tertarik pada topik diskusi.
  4. Dari mulut ke mulut menciptakan media periklanan informal.
  5. Dari mulut ke mulut dapat dimulai dari satu sumber, tergantung pada seberapa cepat dan luas kekuatan influencer dan jejaring sosial menyebar ke orang lain.

 

Cara Mendapatkan Word of Mouth Yang Positif :

Berikut ini cara untuk produk atau merek yang Anda tawarkan untuk mendapatkan informasi positif dari pelanggan.

  1. Tawarkan Layanan Yang Terbaik

    Kepuasan konsumen sangat penting bagi perkembangan perusahaan. Ketika perusahaan yang dikelola membuat kesan terbaik dan pengalaman terbaik, bukan tidak mungkin bagi mereka untuk menjadi pelanggan tetap Anda.

  2. Persiapkan Media Pendukung

    Berikan ruang komunikasi kepada pelanggan Anda untuk membuatnya lebih mudah untuk masuk atau meninjau produk perusahaan. Selain penyediaan kontak telepon atau aplikasi obrolan, Anda juga dapat mengaktifkan fungsi verifikasi pada platform media sosial dan memberikan kolom input di situs web.

  3. Integrasikan Pelanggan dengan Media Sosial

    Jika Anda menggunakan media sosial, cobalah untuk melibatkan pelanggan dalam salah satu pos harian Anda. Misalnya, memposting foto pelanggan yang menggunakan produk Anda. Jangan lupa menyebutkan dan memberi label dan ucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan produk.

  4. Terapkan Konsep Bisnis yang Berbeda

    Menjual produk yang sama, tetapi dengan konsep yang berbeda, pasti akan menarik perhatian dan keingintahuan pelanggan dari produk perusahaan yang Anda tawarkan. Bahkan tidak mustahil untuk memperhatikan pelaporan untuk membuat perusahaan Anda diketahui publik.

Demikian artikel Word Of Mouth! Strategi Terbaik Menunjang Kemajuan Bisnis. Bentuk pemasaran ini gratis dan dapat menghasilkan penjualan meningkat. Menawarkan produk berkualitas tinggi yang dapat terjual dengan sendirinya melalui pelanggan kalian dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan jenis pemasaran seperti word of mouth, bahkan word of mouth dapat membantu membentuk brand dan mendongkrak penjualan kalian.