Apa itu Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin?

Apa itu Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin?

Apa itu Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin? – Pernahkah kamu mendengar tetang mining bitcoin? Mungkin anda sudah pernah mendengar, namun belum mengetahuinya dengan jelas. Mining bitcoin ini sempat booming, membuat banyak orang yang mencari tahu informasi seputar bitcoin ini. Menjadi popular karena aktivitas yang satu ini memberikan keuntungan besar yang bisa diraup. Sebelum lanjut, ada baiknya kamu mengetahui lebih jelas tentang bitcoin ini.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang kripto (Cryptocurrency) yang berada diatas jaringan bitcoin yang bernama blockchain bitcoin. Mata uang kripto ini dapat digunakan untuk transaksi virtual berbasis internet pada jaringan bitcoin (blockchain). Sampai saat ini bitcoin merupakan aset mata uang kripto dengan kapitalisasi terbesar. Harga bitcoin pun setiap tahun semakin bertambah.

Bitcoin kripto merupakan asset digital yang hadir pada tahun 2009. Berawal dari klaim seorang pengembang yang bernama samara Satosi Nakamoto. Ia menyatakan, bawa dirinya telah berhasil menciptakan mata uang yang terdesentralisasi dan tanpa perantara.

Berbeda dengan system keuangan konvesional yang tersentralisasi, mata uang kripto ini bersifat terdesentralisasi. Artinya, transaksi cryptocurrency tidak memerlukan perantara, seperti bank contohnya. Transaksi ini berlangsung secara Peer-to-peer (P2P) dari pengirim ke penerima secara lansung.

Siapapun bisa menjadi pencatan dalam transaksi, setiap orang yang berada pada jaringan bitcoin dapat bertindak menjadi pencatat. Pihak pencatat transaksi bitcoin akan menjalankan program computer yang sama untuk membentuk sebuah jaringan Peer-to-peer. Setiap informasi yang tercatat akan disebar keseluruh jaringan bitcoin, sehingga membuat data bersifat transparan, permanen dan tidak dapat dimanipulasi. Untuk masalah keamanan, anda tenang saja. Bitcoin dilindungi sandi kriptografi yang sangat rumit.

Apa Itu Penambang Bitcoin Atau Bitcoin Mining?

Apa itu Menambang Bitcoin | Image Source : Pexels.com
Apa itu Menambang Bitcoin | Image Source : Pexels.com

Penambangan Bitcoin (Bitcoin Mining) merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin. Dengan ini, kita dapat melihat bitcoin sebagai suatu system kas global yang besar dan menyimpan sejaran transaksi (pergerakan uang) dari satu orang ke orang lainnya. Ketika transaksi bitcoin diproses di jaringan bitcoin, artinya bitcoin sedang dipindah dari satu orang ke orang lainnya. Seseorang perlu memastikan bahwa semua transaksi perlu direkam dengan benar dan system kas telas tersikronisasi di seluruh dunia.

Dalam hal ini, proses buka dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan, melainkan oleh ribuan computer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Inilah yang dikenal sebagai “Miners” atau “Penambang”. Dapat dikatakan dengan sederhana, bahwa mereka adalah computer yang memproses transaksi.

Untuk melakukan proses dengan cara yang aman, maka computer-komputer ini perlu melakukan kalkulasi kompleks yang memakan usaha computing yang sangat besar. Dibuthkannya energi yang besar serta banyak alat-alat khusus yang tentunya canggih. Pemilik computer ini perlu membayar untuk alat-alat dan listrik tersebut, jadi mereka harus mendapatkan kompensasidari seluruh usaha dan uang yang telah mereka habiskan. Mereka akan mendapatkan kompensasi melalui bitcoin yang baru mereka tambang. Bitcoin yang baru ditambang ini bertindak sebagai penghargaan dan insentif untuk mereka yang berkontribusi pada system yang mendukung proses transaksi ini.

Jenis Penambangan Bitcoin Kripto

Setelah mereka mengetahui imbalan dari penambangan bitcoin yang menggiurkan ini, tak jarang akhirnya mereka ingin mencoba menjadi penambang. Perlu diketahui bahwa ada tiga jenis menambang bitcoin. Penasaran? Yuk simak dibawah ini.

1. Pool Mining

Saat ini, sudah banyak orang yang ingin memasuki dunia pertambangan cryptocurrency. Maka dari itu, saingan pun akan bertambah banyak dengan munculnya perusahaan besar yang memiliki pertambangan bitcoin yang cukup besar.

Untuk anda yang tidak ingin bergabung pada afiliasi perusahaan manapun, anda bisa mencoba ini. Mining pool merupakan pedekatan penambangan, yang dimana ada sekelompok gabungan penambang yang saling berbagi seumber daya komputsasi melalui jaringan.

Setiap miners menyumbangkan kekuatan dalam proses menemukan blok yang baru. Jika kumpulan miners ini berhasil dalam memecahkan hash dan menermukan blok baru, maka reward yang didapatkan akan dibagi. Pembagiannyapun sesuai dengan proporsi kekuatan pemrosesan yang dilakukan setiap miner.

2. Cloud Mining

Salah satu cara yang bisa anda lakukan jika tidak ingin memberli serta mengelola hardware, software, maupun keperluan lainnya sendiri dengan menggunakan cloud mining. Yang dimaksud dengan cloud mining disini adalah proses pembelian CPU power yang berasal dari data center.

Anda bias menyerahkan semua proses penambangan kepada provider cloud mining. Karena anda menggunakan pihak keriga yang tentunya akan mengurangi total keutungan. Ada banyak layanan yang bisa anda coba pada cloud mining ini.

3. Solo Mining

Jika anda tidak ingin membagikan hasil bitcoin anda dengan penambang lain, anda masih bisa menambangya sendiri. Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal, namun perlu anda ketahui bahwa biaya menambang solo ini tidak murah. Tentunya anda harus menyiapkan dana yang besar untuk menyediakan semua peralatan sendiri.

Selain itu, anda juga harus menyiapkan daya listrik yang cukup besar yang akan digunakan untuk semua alat-alat. Tak hanya itu, anda juga harus mampu memecahkan algoritma matematika yang cukup rumit. Maka dari itu, solo mining ini sangat tidak disarankan untuk pemula.

Hal Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Menambang Bitcoin

Perlu anda ketahui hal-hal apa saja yang perlu anda siapkan sebelum anda menambang bitcoin. Biasanya hal-hal ini disiapkan jika anda melakukan penambangan Pool Mining dan Solo Mining. Tentunya beberapa hal penting ini harus anda siapkan sebelumnya, penasaran? Yuk simak dibawah ini.

1. Komputer

Ini salah satu hal umum yang harus anda punya saat anda ingin menambang, tentunya ini sangatlah penting untuk anda yang akan mining bitcoin. Perlu diperhatikan, bahwa computer yang anda gunakan haruslah mempunyai spesifikasi yang sesuai. Memiliki prosesor yang cepat, RAM besar, penyimpanan besar, dan pengolah grafis yang mumpuni. Serta ingat, pasokan listrik juga turut kamu perhatikan, agar dapat menjalankan alat-alat yang akan kamu gunakan.

2. Aplikasi

Anda harus menyiapkan aplikasi yang akan digunakan untuk mining bitcoin, seperti Bitcoin Miner, BTC Miner, Easy Miner, dan berbagai aplikasi menambang bitcoin lainnya.

3. Peralatan pendukung

Saat anda melakukan komputasi yang rumit serta lama, sudah tentunya kompuer akan mengalami panas. Maka dari itu, anda haruslah menyiapkan peralatan yang untuk mengatasi hal tersebut, agar anda lebih lancar dan tidak ada halangan dalam melakukan mining bitcoin.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai mining bitcoin atau penambangan bitcoin yang harus anda ketahui sebelum melakukannya. Pelajarilah sebelum melakukan mining agar dapat mengetahui dengan jelas. Serta persiapkanlah hal-hal yang diperlukan dengan lengkap, agar kamu lebih nyaman. Kamu bisa cari tau hal lain seputar bitcoin dengan mengetikkan kata kunci “Apa itu bitcoin” di Google atau jika inginlangsung trading silakan buka indodax.com di browser kamu.

Sekian artikel Apa itu Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin?. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang berkeinginan untuk melalukan mining bitcoin. Simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Linkdibio Blog.