5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok

5 Cara Menghasilkan Uang Dari TiktokAplikasi Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan saat ini. Tidak seperti pada awal kemuculannya, aplikasi satu ini sempat dicemooh dan sempat di blokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, sebab dianggap mengandung konten yang negatif dan meresahkan.

Meski sempat di blokir, namun aplikasi besutan ByteDance asal China tersebut kini sangat populer. Jumlah penggunanya meningkat, bisa disandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya, seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Menariknya lagi, kini tiktok dapat dimanfaatkan untuk meraup pundi-pundi uang dengan beberapa cara di tiktok.

Tidak ada yang instan pastinya, tentu harus ada usaha sebelum mendapat penghasilan, terlebih kamu masih pemula. Untuk itu, kami akan berikan langkah-langkah untuk mendapatkan uang dari tiktok untuk kamu yang masih pemula.

Langkah-langkah  Untuk Mendapatkan Uang di Tiktok

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok
Ilustrasi Membuat Konten Tiktok | Image Source : iStockphoto.com

1. Membangun branding

Membangun branding atau sebuah merek merupakan kunci agar kamu dapat dikenal dengan mudah. Nah branding yang dimaksud ini adalah jatidiri kamu. Jadi, pada bidang pemasaran (marketing), merek yang berkesan adalah dasar dari bisnis apapun yang bisa menghasilkan uang.

Seperti halnya pada instagram dan youtube, yang bisa menghasilkan uang bagi sebagian orang. Maka buatlah akun tiktok yang memilik target pasar yang jelas. Siapa kamu dan pengguna siapa pengguna tiktok yang menjadi target pasar kamu.

Kamu juga harus memiliki konsep tentang jenis video yang akan kamu posting, dan konsisten mengunggahnya. Tentukanlah hal ini dari awal, mungkin kamu ingin membuat konten bertemakan humor, travelling, romantisme, food vlogger atau yang lainnya.

Kamu dapat menentukan konsep postingan mu sesuai dengan kesukaan dan hobi mu. Jika kamu lebih suka pergi berkuliner, maka kamu dapat membuat postingan dengan konsep kuliner atau food vlogger. Jadi, sesuaikanlah dengan kesukaan dan hobi mu, agar kamu dapat lebih nyaman menjalaninya.

2. Unggah konten yang disukai kebanyakan orang

Seperti sosial media lainnya, kamu haruslah membuat konten sebagus mungkin. Dengan konten yang bagus dan menarik, tentu akan menarik perhatian pengguna tiktok. Apalagi dapat memberikan pengaruh sosial sebagaimana istilah Influencer di Instagram, Twitter dan yang lainnya.

Jadi pembuatan konten turut kamu pikirkan dengan matang, agar membuahkan hasil konten yang segar, mearik dan unik. Serta kamu haruslah konsisten dalam membuat konten, agar tetap ada update terbaru dari akun mu.

3. Perbanyak follower

Kamu harus menarik sebanyak-banyaknya follwer kamu. Untuk menadapatkan pengikut, kamu harus memperhatikan kualitas konten atau faktor lain, seperti mendapatkan momen bertepatan dengan viralnya video yang diunggah.

Dilansir dari laman kompas.com, salah satu pengguna tiktok paling populer di dunia adalah Addison Rae Easterling. Ia bisa mengumpulkan harta hingga mencapai 5 miliar dolar AS hanya dari tiktok.Dia memiliki lebih dari 54 juta pengikut di tiktok.

Perkiraan berkisar dari 10.000 hingg 1 juta pengikut yang kamu perlukan sebelum benar-benar mendapatkan momentasi akun kamu. Cara untuk mendapatkan pengikut adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat target pasar kamu. Selain itu, kamu harus mengunggah konten berkualitas kepada mereka beberapa kali sehari.

Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok

1. Menjual barang

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok
Ilustrasi Menjual Barang di Tiktok | Image Source : iStockphoto.com

Sama halnya seperti di Instagram, untuk menghasilkan keuntungan jika kamu telah banyak memiliki follower pada tiktok, kamu dapat menjual produk kamu sendiri disini. Tiktok meluncurkan program Tiktok for Business dan sederet program lainnya yang mendukung UKM agar go digital. Lewat berbagai iklan berbayar, pengguna dapat menunjukan merk atau brandnya denga fitur spotlight unik di tiktok.

2. Membuat konten besponsor

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok
Ilustrasi Membuat Konten Bersponsor | Image Source : iStockphoto.com

Jika kamu memiliki banyak follower pada aplikasi ini, maka kamu bisa membuat program khusus atau video yang disponsori pihak lain. Contohnya Loren Grey, seorang pengguna tiktok dengan jumlah pengikut yang mencapai 45 juta orang. Ia mendapatkan kesepakatan dengan Revlon untuk membuat konten perusahaan kosmetik tersebut dengan nilai 2,6 juta dollar AS.

3. Menjadi influencer tiktok

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok
Ilustrasi Influencer | Image Source : iStockphoto.com

Sama seperti media sosial lainnya, disini kamu juga dapat menjadi influencer. Disini kamu mendapatkan pekerjaan mempromosikan produk, merek atau layanan suatu perusahaan dengan harapan dapat meningkatkan penjualan perusahaan tersebut.

Dengan follower kamu yang banyak, perusahaan pun akan memberikan kepercayaa kepada kamu untuk mempromosikan produk merek. Terlebih target mereka tercapai setelah kamu mempromosikan produk mereka, tentunya kamu akan dipercaya oleh banyak orang untuk mempromosikan produknya.

4. Membuat musik

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok
Ilustrasi Bermusik | Image Source : iStockphoto.com

Setelah kamu memiliki banyak follower, kamu dapat memanfaatkannya untuk memulai karir sebagai musisi. Tak jarang karya musik laku keras di pasaran setelah dipopulerkan pada aplikasi tiktok. Tentunya dengan ini kamu akan menghasilkan pundi-pundi uang yang menjanjikan.

Selama tiktok naik daun, banyak artis wajah baru yang diorbitkan atau mulai dikenal berkat kepopulerannya di aplikasi satu ini. Contohnya saja Baby Ariel, ia memiliki 34 juta pengikut tiktok. Ketenarannya semakin meningkat hingga menarik beberapa pihak di beberapa pertunjukan di Disney Channel dan acara TV Nickelodeon.

Di Indonesia juga sempat memunculkan sosok Bowo Alpenliebe alias Prabowo Mondardo sebagai artis tiktok pertama di Indonesia yang sempat viral. Tentunya ini adalah peluang untuk kamu untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui tiktok.

5. Menjadi konsultan tiktok

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok
Ilustrasi Konsultan | Image Source : iStockphoto.com

Tiktok merupakan sosial media yang relatif  baru. Jika kamu memiliki keahlian dalam beragam hal di tiktok, banyak yang membutuhkan bimbingan kamu loh. Saat ini, orang akan rela merogoh kocek dalam untuk mempekerjakan kamu sebagai konsultan tiktok. Mulai dari membantu strategi, membangun merek dan meningkatkan pengikut mereka.

***

Sekian 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui cara menghasilan pundi-pundi uang di Tiktok. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar sosial media lainnya hanya di Linkdibio Blog.