Tips SEO Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian

Tips SEO Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian

Tips SEO Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian – Siapa sih yang tidak tahu instagram? Aplikasi satu ini tentu sudah terinstal di Smartphone kamu. Instagram merupakan media sosial yang populer. Ada banyak konten informatif yang bisa kamu temukan di aplikasi ini baik dalam bentuk foto maupun video. Terdapat banyak konten penting, menghibur dan berguna disini.

Dalam beberapa tahun terakhir, instagram menjadi sangat vital dalam meramaikan jagat maya. Ini tentu karena banyaknya konten berupa gambar dan video di dalamnya. Para pebisnis pun tak melawatkan satu aplikasi ini. Mereka saling berlomba membuat akun dan mengumpulkan Follower yang banyak. Bahkan, ada profesi yang menjanjikan loh di media ini, yaitu menjadi artis instagram atau kerap disebut selebgram.

Namun, tahukah kamu jika di aplikasi instagram ini ternyata ada teknik SEO agar akun dan postingan kamu dapat semakin dikenal. SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya mangoptimasikan website untuk mendapatkan peringkat teratas dari hasil percarian. Jadi pada instagram sekarang terdapat Instagram SEO dan tentu ini harus kamu ketahui.

Seperti apa SEO Instagram?

Tips SEO Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian
Ilustrasi Profile Instagram | Image Source : Shutterstock.com

Tentu dalam membuat akun instagram, kamu perlu mengetahui SEO demi mendapatkan rangking terbaik di aplikasi ini. Seperti yang kita ketahui, pengguna aplikasi satu ini sangat banyak. Tentu saja kamu tak ingin jika semua konten yang kamu buat hanya berakhir terpendam saja. Karena kamu juga bisa cari uang di Instagram. Untuk itu, kami akan memberikan informasi tentang cara mengoptimasikan atau tips SEO Instagram dibawah ini.

1. Profile Instagram

Yang pertama adalah kamu perlu melakukan perbaikan halaman profil. Dari halaman ini, orang akan dapat membuat kesimpulan menyeluruh tentang halaman kamu. Dari sinilah mereka akan menentukan apakah halaman kamu perlu di follow atau tidak. Selain itu, berawal dari profile yang menarik juga, orang akan membuka satu persatu konten baik foto maupun video yang ada pada halaman kamu.

Berikut ini adalah trik optimasi profil di Instagram :

  • Jadikan mode profile publik
  • Pilih gambar yang kaya dengan warna
  • Buat nama bisnis yang mudah dicari
  • Daftar akun bisnis instagram
  • Sertakan tautan yang bisa dilacak dari link bio.

Cara buat link di bio instagram juga tidak begitu rumit. Beberapa trik diatas merupakan dasar dan langkah awal sebelum kamu menlanjutkan untuk mengoptimasi SEO pada langkah selanjutnya.

2. Gunakan Keyword Utama Untuk Nama Akun (@username)

Instagram merupakan mesin pencari yang mandiri. Agar pencarian tepat sasaran, maka pemilihan nama harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik. Kamu dapat menggunakan nama yang mengandung kata kunci utama.

3. Sertakan Keyword Turunan Pada Bio

Setelah melakukan optimasi pada keyword utama, selanjutnya kamu bisa memaksimalkan keyword turunan di bagian bio. Kamu dapat menempatkan 3 sampai 4 kata kunci dibagian bio yang pastinya dibuat dengan diksi yang keren. Untuk diketahui, kata kunci turunan ini berperan untuk menangkap pencarian yang memang tidak ditujukan ke kata kunci utama.

4. Hastag Harus Mengandung Keyword

Setelah halaman profile selesai dioptimasi, selanjutnya kamu akan ditujukan ke penggunaan hastag, hal satu ini merupakan lanjutan yang perlu perhatian khusus. Sebagian besar pengguna Instagram menemukan suatu akun hingga memutuskan untuk mem-follownya atas jasa hastag ini. Itu sebabnya postingan dengan menyertakan hastag sangatlah penting.

5. Caption Gambar Menggunakan Keyword Kedua

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa instagram merupakan mesin pencarian sendiri. Maka dari itu, pengoptimalan setiap bagian yang ada pada Instagram harus mengandung kata kunci. Membuat caption dengan bahasa ringan, unik dan menarik merupakan suatu hal yang penting. Hal ini tentu akan mengundang calon follower baru serta memuaskan follower lama kamu untuk terus mengikuti update halaman kamu. Buatlah caption dengan keterangan yang tepat dan jelas. Atau kamu bisa buat contoh caption instagram motivasi.

6. Manfaatkan Alt Teks Instagram

Merupakan fitur baru yang dibuat agar pengguna tunanetra bisa ikut untuk menggunakan isntagram, serta juga dapat digunakan untuk SEO. Alt Teks ini akan terisi dengan otomatis ketika kamu melewatkannya. Jadi, labih baik kamu mengisinya sendiri, agar dapat memastikan keterangan yang cocok dan pas untuk foto tersebut.

Alt Teks ini terletak pada sebelah kanan, sebelum kamu memposting foto. Pilih Menu “Advanceed Setting”.

Jika telah selesai membuat Alt Text secara manual, kamu dapat membagikan postingan kamu seperti biasa. Alt Teks ini sebagai lompatan membuat deskripsi gambar yang sempurna. Selain itu, juga berperan sama seperti ketika kamu membuat Alt Teks gambar pada website. Ini dapat membantu menikan post rangking, dapat tampil di pencarian suara dan masih banyak lagi.

7. Lakukan Analisis

Langkah terakhir adalah melakukan analisis terhadap apa yang telah dikerjakan. Instagram memiliki tools analisis sendiri dengan nama Instagram Analytics. Namun, tolls ini terbatas menampilkan data untuk rentang waktu tertentu saja.

Untuk melakukan analisis lebih jauh, kamu dapat menggunakan tools seperti Hootsuite, Sprinklr atau Sprout Social. Dengan menggunakan tools tersebut, kamu dapat melihat analisis data yang lebih spesifik, laporan otomatis dan masih banyak lagi.

8. Main Aman

Pernah mendengar istilah Black Hat Seo? Ini merupakan cara curang untuk menaikan rangking suatu website. Jika di dunia website, google sering menindak tegas para pelanggarnya. Di Instagram pun demikian, dikenal dengan istilah Shadowban, tindakan tegas yang diberikan untuk para pelanggar instagram berulang kali. Beberapa larangan tersebut, diantaranya :

  • Mencuri konten
  • Menggunakan bot
  • Follow banyak akun dalam waktu singkat
  • Membeli follower

Sekian Tips SEO Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang ingin mengoptimalkan halaman instagram. Download video instagram atau tiktok tidak boros quota. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menari lainnya hanya di Linkdibio Blog.