Apa Itu Brand Awareness dan Contohnya

Brand Awareness adalah

Saat kamu memikirkan tentang coffee shop, pastinya salah satu brand/ merek akan terlintas di benakmu kan? Nah itu adalah salah satu contoh sederhana dari brand awaresness. Pada artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu brand awareness dan kenapa ini merupakan hal penting bagi bisnis.

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah istilah untuk menggambarkan sejauh mana brand tersebut dikenal oleh konsumen. Dalam bahasa Indonesia sering juga disebut dengan kesadaran merek. Jadi dengan kata lain (dikutip dari Hubspot) brand awareness adalah seberapa akrab pelanggan dengan sebuah merek dan seberapa baik mereka mengenalinya.

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan langkah awal untuk memposisikan brand kamu. Proses ini merupakan proses yang berkelanjutan yang tujuannya tidak hanya membantu meningkatkan pelanggan, tetapi juga membawa pelanggan yang dulu untuk kembali membeli atau menggunakan produk kamu.

Sehingga sangat penting untuk melakukan hal ini di awal kamu membangun bisnis. Tidak peduli seberapa besar bisnis yang kamu bangun, brand kamu harus tetap melekat dalam pikiran konsumen, sehingga mereka akan terus menggunakan produk kamu.

Apa Fungsi Brand Awareness?

Tidak dipungkiri jika konsumen akan lebih meilih menggunakan atau membeli produk yang mereka sudah kenal sebelumnya. Atau paling tidak mereka sudah pernah melihat salah satu kerabat menggunakannya. Kesadaran merek disini menjadi hal penting karena merek wajib dikenal terlebih dahulu agar makin banyak digunakan.

Semakin sering konsumen melihat brand atau merek tersebut, akan semakin banyak pula merek tersebut digunakan. Ini adalah salah satu contoh brand awareness yang sukses atau mampu mebangun brand awareness secara maksimal.

Misal seperti diawal saat kamu ditanya soal cofee shop mungkin salah satu merek yang terlintas adalah Starbucks. Hal ini terjadi karena kamu sudah sangat sering melihat brand ini. Baik di sosial media, pencarian di website maupun saat kamu melintas di jalan. Kedai kopi ini sudah banyak bertebaran dimana-mana.

Berikut adalah beberapa fungsi Brand Awareness :

  1. Menciptakan Persepsi
  2. Menumbuhkan Kepercayaan
  3. Menciptakan Jaringan
  4. Menciptakan Asosiasi
  5. Membangun Ekuitas Merek

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran merek tidak dapat tumbuh sendiri tanpa kamu melakukan sesuatu. Hal ini harus dibangun dengan kesabaran dan strategi yang apik. Beriku adalah beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness :

  1. Optimalkan penggunaan sosial media dan website
  2. Membuat konten marketing yang berkualitas
  3. Menerapkan SEO
  4. Bekerja sama dengan influencer
  5. Menjadi sponsor acara

Nah itu tadi beberapa tips buat kamu yang ingin melakukan brand awareness. Jangan lupa dibagikan ke teman kamu yang membutuhkan ya. Semoga membantu