Fitur Instagram Untuk Jualan Online – Instagram adalah salah satu media sosial yang populer dan digunakan oleh banyak orang di dunia. Instagram dibeli oleh Facebook (Sekarang Meta) dengan harga US $1 Miliar pada 2012. Pengguna aktif di Instagram mencapai lebih dari satu miliar setaip bulannya, dan 500juta story setiap harinya.
Di Indonesia, Instagram memiliki lebih dari 85 juta pengguna. Kebanyakan orang menggunakan Instagram karena selain untuk bersosial media, juga digunakan untuk berjualan atau melakukan bisnis di Instagram. Selain praktis dan efisien, berjualan di Instagram juga sangat mudah untuk memasarkan produk. Kamu hanya perlu upload produk ataupun penawaran yang menarik dan membuat engagement dengan calon pembeli.
Jangan lupa juga buat strategi pemasaran digital kamu yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, menambah followers ataupun untuk branding. Instgram sendiri memiliki banyak sekali fitur fitur yang membantu perkembangan bisnis dan pemsaran produk, berikut adalah beberapa diantaranya :
Instagram Insight
Fitur ini berguna untuk melihat sebarapa banyak post kamu dilihat, jumlah like dan comments, dari daerah mana, berapa jumlah klik pada website minat konsumen seperti apa dan informasi berguna lainnya. Misalnya saja rata-rata usia pengguna yang datang mengunjungi Instagram kamu adalah pengguna dengan rentang 18-30 tahun, yang tinggal di seputaran Denpasar, Bali.
Tentu data insight ini akan sangat bermanfaat untuk menentukan langkah pemasaran berikutnya. Banyak yang menggunakan rentang usia sebagai patokan untuk mengetahui perkembangan trend. Kamu juga bisa melihat Instagram Analytics jika sudah menggunakan akun bisnis.
Instastory
Instastory atau Instagram Story berguna untuk memberi tahu followers kamu fungsi dan manfaat dari produk kamu. Fitur ini tidak hanya digunakan untuk bisnis tetapi pengguna biasa pun bisa menggunakan Instastory.
Instastory akan tampil di profil kamu selama 24 jam. Kamu juga bisa menambahkan sticker instagram atau tulisan agar lebih menarik.
Instagram story ini sangat bagus untuk menjalin engagement dengan calon konsumen, karena mereka bisa berinteraksi jika kamu posting sebuah polling atau sekedar melakukan QnA.
Fitur Instagram ini akan dapat meningkatkan penjualan produk atau mendapatkan brand awareness dari pelanggan jika kamu konsisten posting Instastory.
Instagram Live
IG Live sangat berguna jika kamu ingin meningkatkan jumlah followers karena kamu bisa dapat langsung berinteraksi dengan followers kamu. Disesi ini biasanya akan membahas mendetail tentang bagaimana menjalankan bisnis, menjelaskan kegunaan produk, ataupun untuk flash sale.
Dan tentunya di akhir live akan ada sesi tanya jawab dengan para audiens. Seru sekali!
Instagram Shopping
Fitur yang satu ini memungkin kamu untuk menggugah foto dan bisa menge tag produk tersebut beserta harga di dalamnya.
Ketika tag produk diklik, pengguna akan diarahkan ke halaman website brand tersebut. Tentunya Instagram kamu harus sudah merupakan Instagram Bisnis jika ingin menggunakan Instagram Shopping.
Dalam akun Instagram bisnis terdapat pilihan Shopping/Belanja pada pengaturan, kemudian hubungkan akun ke katalog.
Setelah semua proses selesai, kamu akan melihat pilihan untuk tag produk saat akan upload foto di Instagram.
Auto Reply Pesan
Auto Reply Pesan berarti membalas pesan secara otomatis. Pengguna sosial media memang sering menanyakan berbagai hal, baik itu tentang harga, cara dan lainnya langsung ke pemilik akun. Meskipun informasi yang ditanya sebenarnya sudah ada di website pemilik akun.
Guna membuat proses komunikasi ini semakin lancar, Instagram membuat fitur auto reply atau balas otomatis.
Wah ternyata fitur fitur di IG ini sangat membantu ya. Kamu sudah coba semua? Jangan lupa kasi tau temen kamu yang jualan di Instgaram untuk menggunakan fitur diatas ya. Bagikan artikel ini ke teman kamu! Baca juga Contoh Caption Instagram menarik ini.
Sukses selalu jualan di Instagram