Contoh CV Menarik Untuk Melamar Kerja, Lolos Interview!

Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh CV Menarik Untuk Melamar Kerja, Lolos Interview! – Bagi kalian yang saat ini baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja, pasti kalian sedang menyusun surat lamaran kerja dan juga Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup. Apakah kalian sudah berhasil menyusun kedua dokumen tersebut? Terutama dalam melamar pekerjaan, CV adalah hal yang sangat penting untuk kalian persiapan matang-matang.

Jangan khawatir kalau kalian belum pernah menyusun CV sebelumnya, karena dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dengan detail, bagaimana cara menyusun CV yang baik untuk kalian yang baru pertama kali menyusunnya.

Tidak cukup menyusun CV yang baik, CV yang kalian susun haruslah menarik, agar pihak perusahaan yang kalian lamar dapat langsung menaruh hati ke kalian, dan kalian bisa mengalahkan pelamar yang lain. Bagaimana menyusun CV yang baik dan menarik?

Interview Kerja
Ilustrasi Interview Kerja

Contoh CV Menarik

Berikut ini adalah beberapa contoh CV menarik yang bisa kalian gunakan sebagai referensi:

Jika kita lihat bersama beberapa contoh diatas, ada hal penting yang perlu kalian perhatikan ketika menyusun CV, apa saja?

CV haruslah menjadi penjelasan diri yang singkat dan jelas. Ketika kalian sedang interview, kalian akan diminta untuk menjelaskan dengan detail tentang apapun yang kalian tuliskan dalam CV. Jadi, kalian tidak perlu menuliskan banyak deskripsi dalam CV kalian. Lalu, apa saja yang perlu dituliskan?

  1. Informasi Diri dan Deskripsi Singkat
    Pada bagian awal CV, kalian wajib mencantumkan informasi diri, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat/domisili, dan nomor telepon. Selain itu, kalian jangan lupa juga untuk mencantumkan foto, dan memberikan deskripsi singkat tentang profil kalian.
  2. Riwayat Pendidikan dan Pelatihan
    Pada bagian ini, kalian perlu mencantumkan riwayat pendidikan (yang diperlukan dan mendukung keputusan lamaran kerja), dan data pelatihan yang sudah kalian ikuti selama ini. Sebaiknya data pelatihan yang kalian tulis juga harus berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kalian lamar.
  3. Prestasi / Portofolio Proyek
    Pada bagian ini, kalian bisa menuliskan prestasi dan pencapaian proyek kalian yang selama ini sudah kalian raih.
  4. Pengalaman Organisasi / Pengalaman Kerja
    Perusahaan yang kalian lamar pasti menginginkan pelamarnya memiliki pengalaman yang bisa dijadikan bekal untuk kalian bekerja di perusahaan tersebut. Nah, kalian bisa tuliskan pengalaman organisasi, komunitas, dan bahkan pengalaman kerja kalian yang sebelumnya.
  5. Keahlian
    Pada bagian ini, kalian wajib menuliskan keahlian yang kalian miliki, yang tentunya menjadi bekal kalian melamar pekerjaan tersebut.
  6. Referensi / Publikasi
    Bagian terakhir menjadi salah satu hal yang cukup diperhatikan oleh perusahaan, yakni tentang referensi atau publikasi yang mungkin bisa dikonfirmasikan datanya. Dengan point ini, kalian punya nilai tambah agar perusahaan yang kalian lamar bisa lebih menaruh hati.

Desain CV Lamaran Kerja

Bagian ini sebenarnya sangat subyektif, tergantung dengan “warna” perusahaan yang akan kalian lamar. Kalian sebagai pelamar, harus benar-benar mempelajari terlebih dahulu tentang perusahaan yang kalian lamar. Ada beberapa jenis desain yang bisa kalian jadikan referensi:

Desain CV Resmi

Template CV ATS Friendly
Template Soka – Template CV ATS Friendly dari BikinCV.com

Desain resmi atau formal dan klasik ini sebenarnya sangat cocok digunakan untuk pelamar yang ingin mengajukan lamaran ke perusahaan seperti Sekolah, Intansi, Pemerintahan, dan lainnya. Tetapi tidak sedikit juga CV seperti ini digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan Swasta.

Biasanya desain CV ini ramah dengan sistem ATS atau lebih sering disebut dengan CV ATS Friendly. Sistem ATS (Applicant Tracking System) adalah Sistem yang digunakan menyaring CV berdasarkan kata kunci dan posisi yang dibuka. CV ATS ini tidak menggunakan gambar, karena memang tidak dapat terdeteksi oleh sistem.

Desain CV “Berwarna”

CV yang disusun dengan desain berwarna dan penuh modifikasi seperti dibawah ini bertujuan untuk menarik keingintahuan perusahaan dengan data yang kalian tuliskan. Pewawancara nanti juga tidak akan bosan ketika membaca CV yang kalian serahkan.

Desain CV Menarik Anti-Mainstream

Template CV menarik yang anti-mainstream banyak ditemukan di perusahaan yang bergerak di bidang media, milenial, dan desain. Tidak sedikit juga pelamar yang menyusun CV dengan animasi, brosur, dan lainnya. Ingat juga untuk update link di bio Instagram kalian untuk menambah profesionalisme saat sosial media kalian dilihat perekrut.

Nah, kalian sudah tahu bagaimana akan menyusun CV kalian kedepannya? Selamat mencoba dan semoga beruntung!